Onani Batalkan Puasa, Lalu Kafarah atau Tidak?

Khatib As Syarbini mendifinisikan istimna’ yakni mengeluarkan air mani tidak dengan jima’. Baik dengan tangan sendiri ataupun tangan istri atau budak wanitanya.

Beberapa ulama menyebutkan bahwa istimna’ membatalkan puasa tapi tidak diwajibkan kafarah, karena kafarah berlaku bagi yang melakukan jima’ di siang Ramadhan, dan hal ini berbeda dengan jima’, sebagaimana disebutkan Al Ghazali. Hujjah lain pendapat ini adalah qiyas. Khatib As Syarbini menjelaskan jika jima’ tanpa mengeluarkan air mani membatalkan puasa, maka mengeluarkan mani dengan sengaja karena syahwat lebih utama.

Sedangkan Imam An Nawawi menyebutkan hujjah tidak perlunya kafarah juga dengan qiyas antara keluar mani bukan karena jima secara sengaja dengan riddah (keluar dari Islam), keduanya sama-sama membatalakan puasa, akan tetapi riddah tidak mewajibkan pelakunya membayar kafarah, demikian pula mengeluarkan air mani dengan sengaja. Pendapat ini mu’tabar di kalangan Madzhab As Syafi’i.

Sedangkan Abu Hanifah dan Daud Ad Dhahiri berpendapat bahwa keluarnya air mani menyebabkan batalnya puasa dan wajibnya kafarah. Adapun Malik dan At Tsauri mewajibkan qadha’ dan kafarah. Sedangkan Ahmad mewajibkan kafarah bagi yang melakukan jima’ di laur faraj, sedangkan kelur mani karena mencium dan menyetuh ada dua riwayat, yakni kafarah dan tidak. Pendapat di luar madzhab Syafi’i ini juga berhujjah dengan qiyas, yakni menqiyaskan keluar mani dengan tanpa jima’ dengan berjima di siang hari Ramadhan, karena kedua-duanya maksiyat, Imam An Nawawi menjelaskan bahwa qiyas ini batal, dengan kasus riddah, yang tidak menyebabkan kafarah. Wallahu Ta’ala A’la wa A’lam.

(Lihat, Al Majmu’ (354-355), Syarh Al Kabir (3/229), Mughni Al Muhtaj (1/580)

3 Responses to “Onani Batalkan Puasa, Lalu Kafarah atau Tidak?”


  1. 1 almartir Juni 22, 2010 pukul 9:41 am

    Afwan,tolong untuk istilah-istilah bahasa arabnya diartikan ke indonesia…
    sangat penting bagi yg awam,dlm taraf belajar..
    syukran jazakalohu khair..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: