Puasa Dalam Keadaan Junub Sah

Jumhur ulama berpendapat bahwa puasa dalam keadaan junub sah, bahkan Imam Nawawi menyatakan bahwa keshahihan puasa orang junub merupakan ijma ulama, baik karena mimpi atau jima’. (Syarh Shahih Muslim, 4/239)

Ummu Salamah dan Aisyah memberi kabar kepada Marwan,”Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mendapati shubuh dan beliau dalam kaedaan junub karena jima’, kemudian beliau mandi dan berpuasa. (HR. Al Bukhari)

Hadits ini menunjukkan bahwa Rasulullah Shallahau Alaihi Wasallam mandi setelah shubuh datang. Ini bermakna bahwa di saat shubuh beliau masih dalam keadaan junub. Ini menunjukkan bahwa puasa sah walau dalam keadaan junub.

7 Responses to “Puasa Dalam Keadaan Junub Sah”


  1. 1 Dikin September 5, 2009 pukul 6:05 pm

    Kebiasaan saya sebelum tidur biasax onani, lah pas waktu puasa malamx saya onani dan saya tidak mandi junub apa Puasa saya Sah,,?

  2. 4 nita talia Juli 18, 2012 pukul 11:18 am

    tahun kemarin saya juga melakukan hubngan intim sm suami saya dimalm hri, trus saya mandix pada siang hari..

    • 5 almanar Juli 20, 2012 pukul 4:22 am

      Apa yang ibu lakukan tidak merusak puasa. Namun, untuk shalat syaratnya harus terbebas dari hadas kecil dan besar dengan melaksanakan mandi janabat. Nah, kalau mandinya siang, bagaimana dengan shalat shubuhnya?

  3. 7 Hendaru Agustus 30, 2012 pukul 10:27 am

    Waduh…bagaimana ini. Hukum meninggalkan sholat secara sengaja kan beratttt banget.


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

